Memahami 5 Elemen Brand Guideline untuk Pemasaran

Dalam dunia pemasaran, panduan merek menjadi hal penting demi membangun citra bisnis. Terdapat elemen brand guideline yang harus diperhatikan demi mewujudkan terbangunnya citra perusahaan yang kuat. Perhatikan elemen penting, sebab untuk membangun informasi brand kepada masyarakat luas tidaklah mudah. 

Mengenal Brand Guideline dan Manfaatnya

Brand guideline merupakan dokumen yang berisi aturan tentang bagaimana merek harus tersaji ke masyarakat luas. Dokumen penting tersebut akan memberikan pedoman mengenai berbagai elemen penting dari sebuah merek, seperti palet warna, tata huruf, logo, pencitraan, komunikasi hingga social media style. 

Cara membuat brand guideline harus diperhatikan untuk memastikan konsistensi merek di semua platform serta media. Hal ini menunjang brand terlihat konsisten di mata konsumen Selain itu, panduan merek ini juga menjelaskan gaya bahasa yang digunakan untuk semua kegiatan promosi. 

Berikut ini beberapa manfaat brand guideline yang harus dipahami:

  • Membangun citra merek lebih kuat lagi
  • Meningkatkan kredibilitas perusahaan
  • Mempercepat proses desain 
  • Memudahkan manajemen merek

Elemen Brand Guideline yang Harus Diperhatikan

Pedoman yang digunakan untuk menampilkan brand secara terpadu dapat disesuaikan dengan keperluan masing-masing perusahaan. Namun, secara umum elemen brand guideline ini harus ada:

  • Palet Warna

Palet warna dapat membantu menciptakan nuansa yang lebih konsisten. Kebanyakan brand memilih empat warna utama atau bahkan menggunakan warna turunan dari logo perusahaan.

  • Tata Huruf

Tata huruf atau tipografi merupakan elemen visual yang menjadi satu kesatuan dari brand guideline. Pedoman tentang tata huruf ini mencakup jenis, ukuran, dan petunjuk penggunaan font dalam sebuah desain. Adanya brand guideline template juga akan membantu penggunaan tata huruf yang lebih mudah.

  • Desain Logo

Adanya pedoman merek ini juga akan membantu memastikan logo perusahaan sesuai dengan peruntukannya. Desain logo yang dibuat mencakup pedoman mulai dari batasan ukuran, warna, dan ketentuan dalam latar belakang. Abda dapat menggunakan contoh logo yang tidak baku untuk menghindari kesalahan.

  • Pencitraan

Elemen brand guideline untuk pencitraan akan membantu mengarahkan orang lain yang terlibat dalam project sebuah perusahaan. Orang-orang yang terlibat mendapatkan pedoman mengenai gaya fotografi, ilustrasi, serta simbol yang tepat.

  • Gaya Komunikasi

Cara perusahaan berkomunikasi sangat menentukan target pasar yang menjadi bagian dari branding. Oleh karena itu, Anda perlu memasukkan nuansa dan gaya berkomunikasi dalam panduan merek. Pastikan nuansa atau gaya berkomunikasi perusahaan konsisten di seluruh konten baik tulisan maupun kampanye iklan di semua media. 

Elemen brand guideline bertujuan agar audience familiar dengan brand Anda. Tentukan gaya berkomunikasi apa yang dapat menarik perhatian para audiens untuk mempercepat brand awareness

Jika Anda tidak familiar dengan panduan brand, maka bisa menggunakan penyedia jasa. Boleh Dicoba Digital membantu pemilik bisnis online agar memenangkan persaingan. Penyedia jasa ini telah menangani klien lebih dari 800 dan didukung oleh tim profesional.